//
you're reading...
IIP, Rumbel Menulis

Bahaya Asap Rokok Bagi Perokok Pasif

Setelah satu mingguan berselancar mencari iklan lucu di youtube, susah banget dapat yang cocok untuk di review video requestnya mbak intan.

Lha hari ini malah gak sengaja langsung jumpa iklan ini.   Kejadian di iklan ini mungkin sering banget kita jumpai sehari-hari ya.  Kita dicekoki asap rokok yang kita gak mau menghisapnya. Saya pribadi mungkin termasuk orang yang ekstrem dalam asap rokok ini tapi dirumah para kakek anak-anak masih perokok aktif. Walau saat kami berkunjung kakek-kakek bakal terusir keluar rumah.

Mungkin masih sedikit sekali perokok aktif yang peduli ya mom, jika perokok pasif atau biasa dikenal dengan secondhand smoke lebih rentan daripada perokok aktif sendiri.

Dari artikel yang saya baca disini  di Indonesia sendiri ada 60 juta perokok aktif, 4 persen dari seluruh perokok di dunia (World Tobacco Atlas, 2012).

Dan lebih sedihnya lagi kebanyakan yang meninggal karena menjadi perokok pasif adalah wanita dan anak-anak. Karena itu penting sekali kesadaran akan bahaya perokok pasif ini kita ungkapkan kepada perokok aktif yang masih tidak peduli.

bahaya perokok pasif

Terutama ibu-ibu, keberanian untuk langsung menegur para perokok aktif siapapun dia itu saya pribadi menganggap sebagai hak kita. Terutama jika kita sedang hamil dan memiliki balita. Mereka tidak akan merasakan dampaknya hanya kita yang bisa menjaga diri dan keluarga kita.

Pernah sekali saya mengalami kejadian menghadapi perokok aktif yang sangat tidak sadarkan diri yaitu saat aqila dan abahnya membeli makanan di morning bakery batam centre. Karena hanya untuk Aqila dan dibungkus maka saya tidak turun dari mobil dan memilih menyusui syafira. Jadi sambil menyusui saya tetap memperhatikan aqila dan abahnya yang sedang bercerita di salah satu kursi. Ternyata di meja sebelahnya ada 2orang lekaki yang mungkin baru punya rokok elektrik jadi menghembuskan asap rokoknya ke kiri dan kekanan serta kearah temanya sendiri dengan kencang dan sengaja. Beberapa pengunjung seperti melihat risih dan tidak nyaman tapi hanya geleng-geleng kepala dan melanjutkan makan seolah berfikir “toh hanya asap rokok”.

Akhh ibu menyusui ini sudah geram rasanya ingin meloncat keluar dan menyelamatkan anaknya. Tetapi syafira masih menyusu. Hhuhu kebayang kan geram liat anak kita diasapin kayak ikan tapi belum bisa ngapa-ngapain karena ada yang masih nyedot.

Selesai syafira menyusu dan tentu saja itu perokok sudah mengasapi sekitarnya dengan sukses, langsung turun dan menuju aqila beserta abahnya. Sepertinya abah aqila memahami reaksi wajah geram dan menahan kesal dan langsung tanggap menghadang istrinya dengan menyerahkan Aqila. Karena siabah tipe cinta damai anti kerusuhan. Orang yang tidak bertanggung jawab tetap harus disadarkan, jadi walau tidak diizinkan mendatangi orangnya langsung saya tetap mengeluarkan komentar kepada abah tentang asap rokok agar orang tersebut mendengar. Dan sepertinya temanya memang merasa malu dan menyuruhnya berhenti meniupkan asap rokoknya.

Rasanya masih sebel dengan perokok pasif saat mengetikan tulisan ini. Andai saja mereka memahami bahwa asap rokok yang mereka keluarkan itu memiliki banyak mengandung bahan kimia berbahaya. Gambar dari twitter kemenkes RI.

racun asap rokok

Tapi bagaimanapun juga ini adalah review iklan lucu. Jadi tetaplah tertawa walau reviewnya tidak selucu videonya. Hehehe. Diliat berapa kali juga ini iklan mah lucu terus. Seandainya saya juga bisa mencecoki perokok aktif dengan apapun sesuka saya seperti mereka yang mencekoki kita dengan asap hasil hisapan mereka seperti divideo inih.

Advertisements

About UchanAqila

About me.... Ingin Menjadi Wanita Sholihat yang Menginspirasi muslimah & Mewujudkan Mimpi Banyak Orang | Percaya semua pasti bisa | Man Jadda WaJada

Discussion

One thought on “Bahaya Asap Rokok Bagi Perokok Pasif

  1. Ho’oh lucu abis nih video nya…

    Posted by Putri pamelia | February 13, 2018, 12:14 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

InstagramKu

Ngebus bertiga. Rasanya nano nano. Untuk pertama kalinya kami ber3 duduk di halte bus. Saat sudah duduk didalam bus, kak Aqila minta susu. Huhu tapi busnya sudah mau jalan. Setengah berlari kami bertiga turun dengan menurunkan kakak dulu adik syaffira duduk di dalam bus baru lanjut ambil Syaffira. Kami buru-buru ke penjual makanan ringan di pinggir halte. Umi harus ngebacaiin tanggal exp susu satu persatu. Akhirnya setelah yakin baru beli 2 susu. Dengan si ibuk penjual yang slow motion nyari uang kembalian terpaksa ngambil 2roti yang harganya sama. Lalu balik lagi buru-buru ke bus. Gak tau kenapa adik rewel di bus. Dia nangis2 merasa tidak nyaman. Huhuhu umi bingung dibujuk rayu belum mempan. Padahal bus baru jalan. Sampai di tujuan kami naik jembatan penyeberangan dan keduanya gak mau di pegang. Karena ini pertama kalinya naik jembatan penyeberangan. Yang mau jemput pakai adegam hp gak akfif hhhuhu. Perjalanan yang berkesan bagi kami bertiga. Membayangkan gimana kalau naik pesawat bertiga. Gak kebayang hebohnya gimana lagi #umijourney
Sudah berapa lama tidak melakukan hal yang membahagiakan ini? Semenjak mengundurkan diri dari ranah publik secara tidak sadar juga terjauhkan dari dunia yang saya sangat cintai ini. Walau kali ini undangannya jauh dan kami ber3 ngebusway dengan segala kehebohan ala mamak2 yang bawa 2 balita naik turun bus di beberapa halte tapi kami pulang dengan bahagia Terimakasih undangannya 💞💞 @mashitaulfah #Repost > smpit.ulilalbabbatam (@get_repost) ・・・ Kegiatan Keputrian SMPIT Ulil Albab dengan tema " Public Speaking dan adab dalam berbicara" oleh fasilitator Ustadzah Eka Mustika. #GenerasiQurani #MuslimahHebat #SMPITulilalbabbatam
Alhamdulillah alladzi bi ni’matihi tatimmus shalihat Allah beri kesempatan untuk selalu membahagiakan ayah ibu. Membuat mereka tersenyum walau hanya sekedar jalan bersama cucu cucunya. Syukur luar biasa dibesarkan dan dididik dengan cara mereka yang unik. Walau tidak semua cara bisa di pakai untuk para cucu. Karena setiap anak beda zaman beda cara mendidiknya. Masih sering juga saling merajok karena apa yang ingin diberikan kecucu karena sayang tidak sesuai dengan misi keluarga kami. Tapi semua tentu karena sayang kepada cucu. Kalau curhat kepada adik2 jawabannya cuma "ya udah kasih cucu lagi dari adik2" semuanya jd speechless. Hahaha jurus andalan para nenek. Tapi apapun itu tidak mengurangi rasa cinta, rasa sayang rasa hormat dan segalanya kepada ayah ibu kami. . ~~~~~~~ . . “Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdo’a: “Ya Rabbku, tunjukilah aku untuk mensyukuri ni’mat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai. berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”.” (QS. Al-Ahqaf: 15) 🌷🌷🌷🌷🌷☘️☘️☘️☘️☘️🌷🌷🌷🌷🌷

MyChallenge

2014 Reading Challenge

2014 Reading Challenge
Eka has read 0 books toward her goal of 50 books.
hide
Advertisements
%d bloggers like this: